Kamis, 14 Januari 2010

UnetBootin Install Linux Pakai USB

Tidak terasa beberapa bulan telah berlalu, dan netbook saya telah berbadan dua. Memang akhir tahun lalu Ubuntu mengeluarkan versi terbarunya (baca infonya). Notabene orang yang punya netbook seperti saya kebingungan kalo suruh berkerja menggunakan CD (Karena netbook gak ada CD-ROM-nya), jadi semua kegiatan menggunakan FD. Iseng2 mau coba Install ubuntu ke Netbook. setelah donlut iso-nya kebingungan cari eksternal CD-ROM. Tapi setelah saya cari di Mbah Google ternyata kita bisa Install linux pakai FD.

Langsung saja saya beberkan caranya, gampang bgt dan cocok bagi pengguna NetBook seperti saya.


Proses Pembuatan LIVE-CD FD

Pertama2 download program UnetBootin, disini

Kemudian siapkan FlashDisk Anda (Min. 1GiB)

Download file ISO Ubuntu, disini (atau yg berdomisili di Jombang bisa kok minta, Email saya aja)

Format Flashdisk anda dengan FAT32 Type

Kemudian klik 2x file program UnetBootIn

Pilih opsi kedua yaitu membuat live-cd FD, lewat ISO file yg telah di download.

Tunggu hingga proses selesai. Setelah itu anda bisa memilih mau restart atau tidak.

Proses Instalasi

Nyalakan Lampu Motor Komputer

Masuk ke menu bios, ganti promary boot menjadi USB HDD

Save lalu keluar.

Setelah itu anda akan masuk ke "prototipe ubuntu" di komputer anda.

Check Fungsi2. Jika sudah mantap, Klik Install Ubuntu 9.10 di desktop

Bagaimana mudah khan, semoga berguna!


0 komentar:

Related Posts with Thumbnails
 

©  3 column Minima Template by Bloganol